Pelaksanaan Pembimbingan

Alur Pelaksanaan Pembimbingan

Alur Pelaksanaan Pembimbingan :

  1. Mahasiswa membuat proposal penelitian (sesuai format).

  2. Mahasiswa melakukan proses pembimbingan akademik dengan pembimbing 1 dan pembimbing 2 dibuktikian dengan pengisian kartu konsultasi (kartu kuning) sebanyak minimal 7 kali sebelum mendaftarkan ujian proposal dan 5 kali sebelum mendaftarkan ujian seminar hasil.

  3. Tim pembimbing membantu mahasiswa untuk merumuskan judul sesuai rencana topik penelitian/kerangka pikir yang telah diajukan.

  4. Pembimbing 1 : membimbing mahasiswa untuk merumuskan permasalahan terkait dengan topik penelitian/kerangka pikir mahasiswa dan menyusun proposal tugas akhir dan skripsi sesuai dengan pedoman penulisan yang telah ditetapkan pada program studi teknik informatika.

  5. Pembimbing 2 : membimbing mahasiswa untuk menyusun proposal tugas akhir dan skripsi sesuai dengan pedoman penulisan yang telah ditetapkan pada program studi teknik informatika.

  6. Pembimbing 1 dan pembimbing 2, mengarahkan mahasiswa agar topik rencana penelitian tugas akhir selaras dengan bidang keilmuan informatika khususnya bidang peminatan mahasiswa.

  7. Pembimbing 1 dan pembimbing 2, memberikan catatan-catatan secara tertulis, menunjukan rujukan yang diperlukan setiap kali setelah melakukan pembimbingan, didalam form konsultasi pembimbingan skripsi.

 

Kondisi Umum :

  1. Mahasiswa program studi teknik informatika harus menyusun skripsi (tugas akhir) sebagai persyaratan penyelesaian studi S1.

  2. Penetapan dosen pembimbing skripsi dilakukan berdasarkan penunjukan Dekan, dan usulan Ketua Prodi.

 

Kondisi Khusus :

  1. Dengan alasan yang rasional, maka mahasiswa dapat mengajukan penggantian pembimbingan setelah 3 (tiga) bulan diterbitkannya surat penunjukan pembimbing.

  2. Mekanisme penggantian pembimbing dikonsultasikan kepada Ketua Program Studi.